Jasa wedding organizer medan untuk resepsi pernikahan

           Mengenal Crew yang Wajib Ada dalam Tugas Wedding Organizer
Alamat: medan marelanWa:081392000760


Wedding organizer menjadi sektor bisnis dibidang jasa yang berkembang pesat. Hingga terus bermunculan diberbagai daerah. Untuk itu ada baiknya mengenal lebih dekat wedding organizer serta Crew yang wajib ada dalam tugas wedding organizer sendiri.

Salah satu wedding organizer terbaik di wilayah Medan adalah Haza Wedding. Telah dipercaya sejak lama dalam mengelola berbagai tema pernikahan. Dari yang klasik hingga modern dengan pelayanan terbaik dan memuaskan.

Apa Sebenarnya Wedding Organizer Itu?
Wedding Organizer adalah orang-orang yang dapat membantu untuk memastikan acara pada hari pesta pernikahan dapat berjalan dengan baik. Dan akan memastikan semua yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar hingga selesai.

Selain Organizer, juga dikenal Wedding Planner yang mulai familiar pada tahun 2001 saat Jennifer Lopez memainkan peran sebagai perencana acara pernikahan. Wedding Planner akan dibutuhkan bila pasangan calon pengantin belum tahu apa yang perlu disiapkan untuk menikah.

Jika masalah tersebut tidak sempat teratasi, Wedding Planner menjadi salah satu solusi. Karena biasanya mereka sudah memiliki rekanan masing-masing yang bisa dipilih sesuai selera. Bahkan bila tidak menemukan kecocokan pun, tetap akan dibantu mencari yang sesuai dengan keinginan.

Perbedaan Wedding Organizer dan Wedding Planner
Perbedaan mendasar dari keduanya adalah pada fungsi. Wedding Organizer hanya bertugas pada hari berlangsungnya pernikahan, dengan pengaturan rangkaian acara yang baik. Terlepas munculnya faktor lain yang dapat mengacau, namun biasanya mereka tetap punya rencana cadangan dan hal ini bagus untuk terselenggaranya pesta.

Wedding Planner akan membantu calon pasangan pengantin mulai dari persiapan pernikahan hingga hari H. Tugasnya adalah merencanakan semuanya, tentu dengan persetujuan klien. Namun belakangan ini banyak WO yang juga merangkap sebagai WP. Mereka akan membuat rencana sekaligus mengatur jalannya pesta pernikahan.

Tugas Crew dan Kepanitian Wedding Organizer
Berikut rincian crew yang wajib ada dalam tugas wedding organizer. Mereka biasanya bekerja ke dalam beberapa devisi yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dan memiliki koodinator atau ketua di setiap devisinya. Lebih lengkapnya seperti berikut :

1. Penanggung Jawab Utama
Penanggung jawab utama memiliki peranan terpenting jika dilihat dari keseluruhan Wedding Organizer. Tanggung jawab yang diemban adalah seluruh pelaksanaan acara. Sangat penting untuk memastikan semuah pihak mengambil bagian dan menjalankan tugas serta tanggung jawab yang diberikan dengan baik.

Tentunya penanggung jawab menjadi kunci dari bagaimana jalannya acara pernikahan. Entah meninggalkan kesan positif atau negatif, semua bergantung pada perencanaan awal yang dilakukan dan dipertimbangkan bersama pihak klien dengan matang.

Posisi dari penanggung jawab utama tidak pakem, mereka harus terus berkeliling dan benar benar memastikan bahwa acara yang akan diselenggarakan berjalan dengan baik, dan meninggalkan kesan baik kepada semua yang hadir di dalam acara pernikahan.

2. Divisi Acara
Tugas dari divisi acara adalah memperhatikan setiap detail saat acara sedang dilaksanakan. Pertanggungjawaban mereka langsung kepada penanggung jawab utama. Secara sederhana ada dua hal yang harus dilaksanakan.

Pertama sebagai reminder, yang mengingatkan masing masing bagian dalam acara bersiap sebelum memulai bagian mereka. Contohnya catering harus sudah siap sebelum acara dimulai. Lalu Time Keeper, yaitu memastikan waktu jalannya acara tepat dan sesuai dengan kondisi yang ada.

Sebenarnya bukan cuma itu saja tugas dari devisi acara, namun secara sederhana itulah hal yang wajib dilakukan oleh crew di divisi acara. Karena detail yang akan ditampilkan dari acara pernikahan sangat penting dan bisa menjadi pertimbangan yang hadir untuk menggunakan jasa mereka.

3. Divisi Panggung
Divisi panggung bersifat sebagai pemandu untuk semua yang bertugas di atas panggung, termasuk entertainment, juga photographer dan videographer agar semua terlaksana dengan bagus. Semua hal yang terjadi di atas sasana hiburan dan area pelaminan adalah tanggung jawab dari mereka.

Salah satu bagian dari devisi panggung ini adalah seorang MC yang memiliki tugas untuk memandu jalannya acara di atas panggung. MC memiliki tanggung jawab agar rundown yang telah dibuat vendor entertaiment dapat berjalan sesuai arahan dari WO dan pemilik hajat.

Tugas lain yang biasanya kadang orang tak paham adalah memberikan pengarahan kepada photographer, dan kadang pada videographer sebagai dokumentator agar dapat dengan tepat mengambil momen-momen penting dalam acara pernikahan.

4. Divisi Keamanan
Memastikan semua kondisi di luar dan di dalam gedung atau tempat pernikahan digelar aman dan tejaga adalah tugas pokok dari divisi keamanan. Mereka biasanya bekerjasama dengan pengelola dan juga tenaga pengamanan yang berwenang.

Seorang divisi keamanan memiliki tanggung jawab terhadap jalur akses para tamu dan membantu bunga ucapan yang datang. Hal hal kecil seperti ini menjadi tugas sampingan yang diemban, karena tidak hanya rasa aman yang harus dijamin tetapi juga nyaman saat berada dalam acara.

Kadang posisi dari divisi keamanan ini berada di sekitaran kotak amplop, karena tidak menutup kemungkinan terjadinya hal yang tak diinginkan. Karena hal krusial tersebut kadang divisi keamanan akan mondar mandir untuk berkoordinasi demi lancarnya keberlangsungan acara.

5. Divisi Konsumsi
Tugas dari divisi konsumsi adalah yang berkaitan dengan santapan yang akan dimakan dalam acara pernikahan. Terutama memastikan distribusi dan jumlah makanan yang dipesan sesuai dan terjaga dengan baik. Biasanya mereka bekerjasama dengan pihak catering.

Detail dari pesanan makanan juga menjadi tugas mereka. Posisinya malah tidak akan sering berhenti di satu tempat selama acara, memastikan posisi dari catering saat diselenggarakannya acara agar bagus saat dilihat dan tidak mengganggu jalur tamu undangan.

Melakukan pengecekan di stall, jumlah piring yang ada, melakukan perhitungan makanan yang ada di pantry sampai memastikan distribusi kepada semua yang datang terpenuhi. Sehingga selama acara pihak klien juga akan merasa tenang tidak ada masalah hidangan habis dan sebagainya.

6. Divisi Koordinator Keluarga
Dalam acara pernikahan, keluarga akan sangat berpengaruh dengan kelancaran dan kondisi pesta. Agar berlangsung dengan baik, maka komunikasi perlu dibina. Hal ini menjadi tugas utama dari devisi koordinator keluarga  agar pihak panitia dari keluarga melakukan tugas dengan benar.

Tanggung jawabnya mengkoordinasikan persiapan dari keluarga besar & panitia yang akan bertugas. Kemudian membantu memastikan setiap kegiatan yang melibatkan kedua pihak berjalan sesuai jadwal dan tidak tersendat.

Untuk posisi koordinator biasanya muter-muter namun paling sering berada di ruang rias. Memastikan seluruh keluarga besar pengantin siap dan tepat waktu. Bisa dibayangkan misalnya apabila banyak yang belum selesai berdandan, pasti acara juga tidak bisa berjalan lancar.

Kini pernikahan adalah sesuatu yang dipandang sangat penting sehingga harus meriah dan berkesan. Memilih Haza Wedding adalah hal yang tepat untuk mewujudkan pernikahan impian tersebut. Wedding organizer terbaik di Medan dan sekitarnya ini melayani dengan sangat detail dan profesional.
Dengan kemajuan yang ada dikota Medan, Haza Wedding uga terus mengembangkan diri untuk memenuhi kepuasan klien dengan crew-crew yang terbaik dan berpengalaman. Silahkan hubungi admin Kami untuk konsultasi dan dapatkan layanan lengkapnya.


Atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel